Minggu, 06 Maret 2016

Apakah Kundalini itu?



Kundalini adalah sebuah kekuatan yang dapat memberikan berbagai kekuatan psikis yang luar biasa pada seseorang. Kundalini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti gulungan.
Dalam keadaan "tidur", Kundalini berbentuk sebuah gulungan tiga setengah lingkaran dibawah tulang ekor. Saat bangkit, Kundalini akan merambat ke atas melalui tulang ekor dan tulang punggung untuk mencapai puncak kepala (mahkota)
Kundalini biasa juga disebut sebagai Dewi Ular, karena bentuknya yang bergulung saat tidur dan kenaikannya yang tidak selalu lurus.






Saat merambat keatas, Kundalini akan melakukan pembersihan-pembersihan dari seluruh hambatan dan karma, yaitu akibat dari setiap interaksi dalam bentuk perbuatan ataupun pikiran, termasuk yang berasal dari kehidupan yang lalu.
Apabila Kundalini mencapai pusat energi eterik (cakra) , cakra tersebut akan terbuka dan kemampuan psikis dari cakra tersebut mulai aktif.
Proses kebangkitan Kundalini dikatakan sempurna setelah kundalini membuka cakra mahkota, sehingga yang bersangkutan dapat mencapai pencerahan.

Tetapi, uraian diatas banyak disalah artikan,. Banyak yang beranggapan bahwa keseluruhan proses mulai dari bangkitnya Kundalini sampai sempurnanya keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu singkat.
Sebenarnya, butuh waktu yang panjang sebelum Kundalini mencapai cakra mahkota. Memang panjangnya waktu yang dibutuhkan biasanya berbeda pada setiap orang. Tetapi, biasanya Kundalini membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum mencapai cakra mahkota. Dalam beberapa kasus, pembersihan sebuah cakra yang bermasalah mungkin membutuhkan waktu sampai 2 tahun.
Walaupun demikian, harus diakui bahwa sebagian kecil praktisi Kundalini membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam keseluruhan proses Kundalininya. Inti Kundalini mencapai cakra mahkota dalam waktu beberapa tahun saja,

Jadi, orang-orang yang membangkitkan Kundalini dengan tujuan untuk memperoleh tenaga psikis harus menyadari bahwa mereka harus melewati sebuah proses yang cukup panjang sebelum dapat memperoleh kemampuan apapun dari Kundalini.
Memang untuk memperoleh kekuatan psikis ada jalan pintasnya, Energi Kundalini dapat langsung diarahkan pada sebuah cakra tertentu yang mempunyai kemampuan khusus yang dinginkan. Dengan demikian Kundalini tidak perlu membersihkan cakra-cakra dibawahnya. Pembersihan sebuah atau beberapa cakra tertentu dengan melewati cakra-cakra sebelumnya biasa juga disebut kebangkitan tidak menyeluruh

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebangkitan dan proses kebangkitan Kundalini, pengetahuan lebih dalam mengenai Kundalini amat dibutuhkan. Dipercaya bahwa kundalini memasuki tubuh saat  jabang bayi berusia 2-3 bulan dalam kandungan. Memasuki jabang di bagian yang merupakan cikal bakal kepala, Kundalini turun dan bersemayam dalam bentuk 3V2 lingkaran di bawah tulang ekor. Dalam perjalanan turun inilah Kundalini membentuk jalur utama di tengah tulang punggung yang disebut juga sebagai sushumna dan dua jalur di sebelah kiri dan kanan.
Secara umum, sushumna di tengah tulang punggung selalu di asosiasikan sebagai jalur kundalini. sebenarnya, di tengah sushumna terdapat saluran Vajrini yang didalamnya lagi terdapat saluran Chitrini. Chitrini inilah saluran yang sebenarnya dari Kundalini. Tetapi untuk mempermudah sushumna itulah yang biasa disebut Kundalini.

Jalur kiri dan Jalur kanan

Jalur kiri disebut juga Ida yang mengandung unsur dingin. Jalur kanan disebut Pingala yang mengandung unsur panas. Kedua jalur Ida dan Pingala tidak mengarah lurus keatas , melainkansaling bersilangan di beberapa tempat tubuh, Ida dan Pingala tidak saling menyentuh, sampai ketika mencapai pusat kepala di belakang alis. Setelah persilangan di tengah kepala, Ida mengarah ke bagian kanan, sedangkan Pingala mengarah ke bagian kiri.

Kundalini menghubungkan praktisi dengan alam semesta setelah intinya mencapai cakra mahkota



Di jalur utama Sushumna ini juga terdapat pusat-pusat energi eterik (cakra) utama, yaitu:

1. Cakra Dasar (Mooladhara) terletak di ujung tulang ekor
2. Cakra Seks (Swadisthan) terletak di kelamin
3. Cakra Pusat (Nabhi) terletak di pusar
4. Cakra Jantung (Ivisnu) terletak di tengah dada
5. Cakra Tenggorokan (Vishuddhi) terletak ditengah tenggorokan, beberapa milimeter dibawah pita suara
6. Cakra Mata Ketiga (Agnya) terletak diantara kedua alis
7. Cakra Mahkota (Sahasrara) terletak di ubun-ubun


Beberapa cakra di atas tubuh ( cakra tenggorokan, cakra mata ketiga dan cakra mahkota) mempunyai kemampuan psikis yang amat menarik. Tetapi, jalan yang ditempuh cukup panjang sebelum sebuah kemmampuan psikis dapat diperoleh. Pertama-tama Kundalini harus mencapai cakra yang bersangkutan. Setelah mencapai cakra tsb, Kundalini membutuhkan waktu untuk membersihkannya. Setelah bersih, barulah kemampuan psikis mulai timbul.

Pada awalnya, kemampuan psikis yang timbul amatlah minim sebagaimana seorang bayi yang baru lahir. Seorang bayi yang baru lahir belum mampu melakukan banyak hal, bayi tsb harus banyak berlatih dan membutuhkan waktu untuk dapat merangkak, berjalan dan terakhir berlari. Kemampuan psikis yang timbul setelah sebuah cakra bersih juga membutuhkan latihan yang cukup panjang sebelum dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Tetapi sebagaimana yang selalu diperingatkan oleh para guru spiritual, penggunaan energi Kundalini untuk kebutuhan kemampuan psikis akan mengakibatkan pembelokan energi Kundalini. Arus energi Kundalini yang pada mulanya mengalir ke atas ke arah cakra mahkota akan berbelok ke cakra yang mempunyai kemampuan psikis tsb. Jadi, pengembangan kemampuan psikis mungkin akan memperlambat tercapainya tujuan utama dari Kundalini, yaitu untuk mencapai kesadaran sejati, pencerahan dan persatuan dengan Ilahi.

Kundalini adalah kekuatan yang luar biasa dan tidak terbatas. Tetapi, apabila tubuh fisik dan eterik seseorang belum cukup bersih untuk dapat menerima dan memanfaatkan energi Kundalini secara benar, maka energi Kundalini mungkin berakibat negatif. Pada kebanyakan orang, energi Kundalini harus melakukan pembersihan selama bertahun-tahun pada tubuh fisik dan eterik. Rasa takut dan penanganan yang tidak benar menimbukan akibat yang lebih jelek, sehingga mungkin mengakibatkan rasa sakit dan pengaruh kejiwaan. Dalam beberapa kasus, ada yang sampai masuk rumah sakit jiwa selama beberapa tahun. Oleh sebab itu sebelum mempelajari Kundalini lebih dalam harus diketahui dengan jelas keuntungan dan risikonya.
Dalam berdiskusi mengenai Kundalini, amat dianjurkan untuk berdiskusi hanya dengan orang-orang yang telah mengalami kebangkitan Kundalininya karena banyak detail yang tidak dapat diketahui tanpa pengalaman langsung.

Sisi Positif Kundalini


Sudah jelas ketertarikan banyak orang terhadap adalah segi-segi positif dari Kundalini. Sejak awal kebangkitannya, Kundalini memberikan peningkatan spiritual dan energi tambahan. menaiki sushumna, kundalini akan mencapai cakra-cakra yang terdapat pada sushumna, setelah cakra-cakra dibuka dan dibersihkan, kemampuan psikis dari cakra yang bersangkutan akan mulai aktif, misalnya:

  • Clairvoyant           : Penglihatan tidak terbatas atas ruang, materi, waktu dan dimensi
  • Clairaudience       : Pendengaran tidak terbatas atas ruang dan dimensi
  • Psychometry        : "melihat" sejarah setiap benda yang disentuh
  • Perjalanan Astral : Keluar dari tubuh fisik dan melakukan perjalanan dengan tubuh halus.


Sementara orang timur mengasosiasikan energi kundalini dengan berbagai kemampuan psikis, orang barat mengasosiasikan energi kundalini dengan kegeniusan. Hal ini disebabkan karena setiap kemampuan psikis yang berfungsi secara maksimal pada seseorang yang membuat orang tsb mempunyai pengetahuan yang amat luar biasa.
Dipercaya bahwa Mozart mendapatkan kebanyakan simponinya dengan "mendengar" musik tersebut secara psikis langsung dari alam semesta.
Demikian juga dengan Einstein yang mendapatkan teori-teori relativitasnya dengan "melihat" percobaan-percobaan secara psikis yang pada saat itu masih tidak mungkin dilakukan dengan tekhnologi yang ada.

Kundalini dalam literatur barat

Kemampuan untuk berhubungan secara langsung dengan alam semesta secara psikis membuat seseorang mempunyai pengetahuan yang jauh melebihi orang biasa. Tetapi, pada umumnya setiap orang cenderung untuk mempelajari atau mengetahui hal yang berbeda. Tergantung dari keinginan yang ada, hal-hal yang diperoleh melalui penglihatan, pendengaran atau tuntunan psikis berbeda pada setiap orang.

Beberapa kemampuan psikis yang disebutkan diatas kedengarannya cukup luar biasa. Tetapi, apabila sebuah kemampuan psikis berkembang secara sempurna, kemampuan tersebut akan jauh melebihi imajinasi. Apabila seorang awam mendengar secara lengkap salah satu saja dari kemampuan psikis tsb, pendengar akan mengira bahwa orang yang menceritakannya mengada-ada saja, karena amat luar biasanya kemampuan psikis yang dimiliki. Dan untuk diketahui, kemampaun-kemampuan psikis yang disebutkan ini sebenarnya tidak berarti apapun dibandingkan hadiah tertinggi yang mungkin diberikan dengan bangkitnya Kundalini, yaitu kesadaran sejati dan pencerahan.


Dari kacamata para pemeluk agama Hindu, Buddha dan agama-agama tua lainnya, reinkarnasi adalah sebuah hal yang amat penting. Reinkarnasi adalah sebuah proses di mana roh harus lahir berulang-ulang sampai dapat membuat pahala tertentu, mempelajari rahasia kehidupan/alam atau mencapai pencerahan. Perbuatan-perbuatan baik yang memberikan pahala tertentu ataupun pengetahuan atas sebagian rahasia kehidupan memberikan kenaikan tingkat pada roh sehingga tidak perlu lahir terlalu sering ataupun bila terlahir kembali menempati alam yang lebih baik.

Hanya dengan mencapai pencerahan, roh dapat benar-benar lepas dari roda reinkarnasi.

Sedangkan untuk dapat mencapai pencerahan, seluruh cakra yang berada di sushumna hingga cakra mahkota sudah harus terbuka secara penuh. Pencarahan dapat dicapai dengan dua jaan yaitu membangkitkan Kundalini, sang Dewi Ular dan membuatnya membersihkn seluruh jalur sushumna dari tulang ekor keatas, sampai bersemayam di cakra mahkota. Tetapi, pencerahan dapat juga dicapai sepenuhnya sebagai Berkah Tuhan, tanpa orang tsb mengetahui apapun mengenai Kundalini (Buah karma baiknya dimasa lampau) Tenaga Ilahi yang maha besar dapat membuka jalur utama saraf seseorang secara seketika, tetapi urutannya terbalik yaitu dari atas ke bawah.
Karena itu, selain Berkah Tuhan, Kundalini adalah jalan penting untuk dapat mencapai pencerahan. Karena itu kundalini banyak disebut-sebut oleh para ahli yoga dan ahli spiritual lainnya.


Sisi Negatif Kundalini


Sementara untuk sisi jeleknya, Kundalini adalah tenaga yang cukup berbahaya. Proses kebangkitan kundalini umumnya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pembersihan. Pembersihan mungkin menyakitkan apabila tekhnik-tekhnik untuk mengatasinya tidak diketahui. Saat otot dan tulang dibersihkan, tulang-tulang dapat bergerak atau bergeser sendiri sehingga menimbulkan bunyi gemertakan. Bahkan saat tekanan sampai di kepala, tekanan ini dapat menimbulakn sakit yang puluhan kami sakit kepala biasa.

Energi kundalini membersihkan seluruh bagian tubuh seperti cakra, nadi, otot, tulang,organ dalam tubuh dsb. Saat energi kundalini bekerja membersihkan organ dalam tubuh, akan dirasakan seakan-akan organ tsb sedang mempunyai masalah berat. Apabila organ tersebut diperiksa oleh seorang dokter, dokter mungkin menyimpulkan bahwa organ tsb benar-benar sakit tanpa mengetahui penyebabnya.

Tekanan yang ditimbulkan oleh proses pembersihan pada bagian dalam kepala mungkin menimbulkan masalah yang paling rumit. Tekanan di dalam kepala amat sulit di deteksi pihak lain, termasuk dokter. Sementara orang-orang lain tidak melihat ataupun mengetahui adanya masalah apapun, orang yang bersangkutan yang sebenarnya dalam perjuangan dalam proses pembersihannya.

Tetapi seseorang tidak boleh melarikan diri dalam proses pembersihan. Orang yang bersangkutan harus tetap melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari sebagaimana biasanya atau proses pembersihan akan diperlambat. Kundalini hanya akan bekerja maksimal apabila merasakan bahwa orang yang bersangkutan dapat mengatasi pembersihan yang dilakukan. Di jaman ini, seseorang harus dapat menjadi seorang spiritual di tengah kita, yang mempelajari kehidupan spiritual dan duniawi secara bersamaan.

Ini semua hanyalah proses pembersihan fisik saja. pembersihan secara eterik pun akan dilakukan oleh kundalini. menurut kepercayaan, setiap orang harus membayar lunas seluruh utang karma dalam proses pembersihan kundalini. Dalam periode ini, banyak yang mengalami perjuangan-perjuangan, ujian kehidupan ( saya tidak setuju jika memakai kata "cobaan hidup" ) yang cukup berat untuk waktu yang panjang, tergantung dari karma yang yang harus dibayar.
Kabar baiknya adalah selain memiliki karma buruk yang harus dibayar, seseorang juga memiliki cadangan karma baik bukan?
 Ringkasnya adalah fase pembersihan kundalini pada tubuh eterik juga mempercepat berbuahnya karma, entah itu karma baik maupun karma buruk yang pernah dilakukan.

Dengan pengetahuan yang baik, niat dan semangat yang gigih juga pendamping/guru yang kompeten, masalah-masalah di atas tidak perlu dihadapi. Dengan mengetahui secara jelas seluruh proses pembersihan Kundalini dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan pada saat yang tepat, Kundalini dapat dinagkitkan secara sempurna tanpa masalah yang berarti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar