Tuesday, 3 June 2014

Candi Mleri ; Jejak Peninggalan Candi Tertua di Blitar





Candi Mleri terletak di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar di kaki Gunung Pegat, kira-kira 9.7 km dari barat pusat kota Blitar.
secara astronomis keberadaan candi  ini di antara 08⁰ 03 374′ LS dan 112⁰ 05 099′ BT.
Kekunaan Mleri adalah tempat pendarmaan Ranggawuni, raja ke-tiga Kerajaan Singasari yang bergelar Sri Wisnu Wardhana. yang merupakan putra Anusapati atau cucu Tunggul Ametung dengan Ken Dedes.

Kawasan ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1222 M.
 Hal ini didasarkan kepada prasasti yang berhuruf Pallawa yang ada di kompleks makam tersebut dengan lambang kalamakara (wujud raksasa).



Menurut Kitab Negarakertagama Wisnuwardhana didharmakan dengan wujud arca Siwa di Waleri (Mleri) dan dalam bentuk arca Sugata (Budha) di Jajaghu (Candi Jago).
Pembuktian lainnya terpahat di balik arca durga, dengan angka tahun 1102 saka.

  Dikawasan ini terdapat berbagai artefak-artefak seperti yoni, lingga, antevik,
 swastika(kompas pada masa itu), kala, prasasti, dan relief-relief yang indah Diantara relief-reliefnya terdapat relief yang sangat terkenal, yaitu relief harimau putih. Konon harimau putih dalam relief tersebut dapat hidup pada malam-malam tertentu.
 Antevik adalah unsur bangunan yang berfungsi sebagai hiasan bagian luar bangunan candi dalam bentuk segitiga meruncing. Kala. Penggambaran kala sering dilengkapi dengan tangan bercakar dan semacam tanduk di bagian kepala.  Kala bisanya terletak di bagian ambang pintu maupun di atas relung-relung candi. Lingga. Lingga adalah simbol aspek pria, juga sebagai penggambaran Dewa Siwa. Swastika. Swastika adalah semacam penunjuk arah atau kompas. Yoni. Yoni adalah simbol aspek wanita yang juga merupakan penggambaran istri Dewa Siwa (dewa dalam agama Hindu). Biasanya digambarkan dalam kesatuannya dengan lingga. Berdasarkan adanya lingga dan yoni, diperkirakan bahwa latar belakang keagamaan dari Kekunaan Mleri adalah agama Hindu










Relief yang diletakkan di sebelah kanan-kiri pintu masuk

Relief harimau putih yang menurut cerita sering menampakkan wujud sebagai harimau putih pada malam-malam sakral, misal jumat legi

Sebuah Lingga-Yoni diletakkan di tengah halaman situs dengan lapik relief sulur mengelilingi

Sebuah bak mandi kuno

Prasasti yang terdapat di Candi Mleri

Bapak Juru Pelihara Kekunaan Mleri yang sangat ramah :)

Candi  ini diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai candi yang tertua yang ada di Kabupaten Blitar, di kompleks tersebut yang tampak seperti makam kuno, sehingga lebih dikenal sebagai kekunaan Mleri, kendati pengertian makam di sini merujuk kepada tempat pendarmaan abu Sang Raja. Sehingga terkesan seram  dan angker (keramat).*