Minggu, 02 Februari 2014

Menikmati Sejuknya Kebun Teh Kemuning di Ngargoyoso



Kebun Teh Kemuning Ngargoyoso

Dear Sahabat...., setelah puas berwisata sejarah di Candi Sukuh kita dapat melanjutkan perjalanan menuju perkebunan Teh Kemuning yang telah didirikan sejak tahun 1925 oleh Johan dan Van Mender Voort, dua bersaudara warga negara Belanda.
Pada masa kini kepemilikan Kebun teh Kemuning dipegang oleh PT Sumber Abadi Tirta Sentosa sedangkan produksi tehnya dikelola oleh PT Rumpun Sari Kemuning.



Letaknya masih di lereng gunung Lawu yang banyak memiliki keindahan alam dan sejarah yang luar biasa.
Kebun teh di Kecamatan Ngargoyoso ini terbentang di lahan seluas kurang lebih 438 hektar.
Terletak di ketinggian 800–1540 meter dpl, daerah ini tidak hanya menawarkan suasana hijau teduh dan nyaman tetapi juga hawa sejuk dengan rata-rata suhu 21.5 derajat celsius.
Letaknya berada diantara Candi Sukuh dan Candi Cetho, jadi ketika anda dari Candi Sukuh ingin melanjutkan perjalanan ke Candi Cetho akan disuguhi pemandangan hamparan kebun teh kemuning yang sangat segar dan indah :)





Yang lebih asyik lagi di kawasan perkebunan teh ini dan terletak di pinggir jalan dengan posisi di ketinggian telah dibuka Rumah Teh Ndoro Dongker, bayangkan kita bukan hanya menyaksikan hamparan kebun teh saja tetapi dapat menyeruput hangatnya teh kemuning di kesejukan udara di puncak Ngargoyoso.
Rumah ini dulunya adalah rumah kepala kebun teh milik perkebunan Belanda. Didirikan tahun 1700-an,


Rumah ini sempat dijadikan rumah kepala kebun teh milik PT Rumpun Sari di lereng Gunung Lawu sisi barat. Setelah lama kosong dan tidak dihuni, rumah dinas kepala kebun itu kemudian disewa untuk dijadikan Rumah Teh Ndoro Donker sejak dua setengah tahun lalu.
Kalau weekend atau musim liburan terkadang penuh oleh pengunjung,
awal januari lalu saya dan anak-anak tidak kebagian tempat duduk :)
 Tetapi jangan khawatir di pinggir jalan atau didalam perkebunan teh juga banyak ditemui warung-warung kecil yang bisa dijadikan alternatif bersantai sambil menikmati minuman dan makanan ringan di kebun teh kemuning,


Rumah Teh Ndoro Dongker










Akses jalan menuju kebun teh ini terbilang cukup bagus, walaupun di beberapa bagian jalan ada yang rusak lumayan juga ( semoga lekas dibenahi) cukup landai dan aman dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat.




 Kawasan kebun teh Ngargoyoso adalah lokasi agro wisata terdekat dari Kota Solo yang wajib dikunjungi.Wisata Alam murah meriah dan sangat menyenangkan  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar