Friday, 4 April 2014

Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I ; Belajar, Bermain dan Rekreasi di Alam itu Seru dan Mengasyikkan!



Tahura K.G.P.AA Mangkunagoro I

 Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I, merupakan kawasan pelestarian alam untuk menunjang, pendidikan, pariwisata dan rekreasi.
Merupakan satu-satunya taman hutan raya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Didalam tahura ini terdapat berbagai jenis flora terdiri dari berbagaui jenis vegetasi endemik, dan fauna yang sebagian merupakan fauna langka yang tidak kurang dari 34 jenis binatang. Disamping tempat rekreasi juga untuk kegiatan penelitian dan perkemahan. Terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar tepat berada dibelakang Candi Sukuh. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, area perkemahan.

 Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I, Secara struktur organisasi dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pengelola adalah patroli menggunakan motor dan kuda, pemeliharaan koleksi satwa, persemaian dan rehabilitasi hasil hutan. 

 Sebagai taman rekreasi dan lokasi Penelitian Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I juga dapat dijadikan gudang ilmu pengetahuan. Keanekaragaman flora dan fauna dapat dikembangkan sebagai media pendidikan dan penelitian. Dikawasan ini terdapat Taman Bougenvile, dengan berbagai macam spesies bunga bougenvile, yang warna warni dan menyejukkan mata. merupakan tempat yang tepat untuk meneliti keanekargaman tumbuhan yang ada disini.

 Lokasi dan Akses




 Kawasan ini berada di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian ± 1.200 m dpl tepatnya di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapainya, dapat ditempuh dengan roda 2 dan roda 4 dengan jarak 36 km melalui jalur Solo – Karanganyar arah Tawangmangu.
Bila menggunakan transportasi umum, jika yang datang dari arah Solo bisa langsung naik bus dari terminal Tirtonadi, Solo yang menuju Karanganyar atau tepatnya ke Terminal Karangpandan. Kemudian oper dari Terminal Karangpandan dan naik bus jurusan Ngargoyoso. Perjalanan ke Desa Berjo dari Karanganyar memakan waktu sekitar 30 menit. Sedangkan dari Solo memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan. 
Letak Tahura ini tepat di belakang Candi Sukuh.


Setelah Memasuki Pintu Gerbang, kita akan disambut dengan pepohonan rindang dan segar di kanan-kiri jalan
Hmm....begitu memasuki pintu gerbang kawasan Tahura kami langsung  disajikan barisan pepohononan yang tertata rapi diselingi rumput menghijau. Kemana saja aku selama ini? sampai tidak mengetahui surga lain yang tersembunyi di lereng Gunung Lawu ini? padahal sudah sering saya berkunjung ke Candi Sukuh.
Suasana disini sangat tenang dan asyik dijadikan tempat bercengkrama bersama keluarga.





Wisata Alam dan Wisata Sejarah yang di kelola oleh Tahura K.G.P.AA Mangkunegoro I :

 

 Sangat menarik berkunjung dan berwisata alam di Tahura ini, karena Tahura memiliki beragam destinasi wisata yang dikelola disini, kita bisa berwisata alam maupun wisata sejarah disini, sebenarnya... tujuan saya ke Tahura adalah untuk mengunjungi situs penemuan sejarah yang diduga dari peradaban purba, tapi siapa sangka saya menemukan bonus-bonus lain sebanyak ini dalam satu kawasan :D dan jelas itu membahagiakanku!

 1. Situs Cemoro Bulus
Sayangnya  karena keterbatasan waktu saya belum bisa berkunjung secara langsung ke situs ini, jadi saya belum bisa menyajikan gambarnya . Dari perbincangan saya dengan Pak Husein salah satu staff di Tahura , beliau menceritakan bahwa Situs Cemoro Bulus adalah Sebuah Arca Kura-kura, yang mirip dan masih ada kaitannya dengan peninggalan purbakala seperti di Candi Sukuh., dan ada yang mengatakan bahwa situs Cemoro Bulus ini merupakan portal gaib menuju puncak Lawu.
Dalam Mitologi Hindu sendiri  Arca kura – kura  melambangkan Bhur Loka atau alam bawah yaitu dasar gunung Mahameru.


2. Sendang Raja
Sendang Raja adalah suatu sumber mata air / patirtan peninggalan zaman duluyang baru ditemukan oleh pihak pengelola Tahura, akan saya tuturkan secara terpisah di catatan perjalanan berikutnya ya :)


"Sendang Raja" Penemuan Situs Sejarah di Lereng Lawu


3. Air Terjun Parang Ijo
 Eksotisme air terjun Parang Ijo yang membuat saya terpesona ternyata bisa diakses via Tahura juga loh, hanya berjarak sekitar 500 meter, saya membayangkan sepertinya asyik nih camping disini saat purnama, sorenya  trekking menikmati segarnya air terjun parang Ijo, kurang apalagi coba? hahaha... jadi semangat ngumpulin gear buat camping :p
Saya sempat bercakap-cakap dengan Pak Husein dari Tahura, beliau menuturkan bahwa kawasan air terjun Parang Ijo  masuk wilayah Tahura dan Perhutani, dulunya air terjun tersebut dikelola secara mandiri oleh koperasi warga masyarakat, namun karena ada kecenderungan dikuasai pengelolaannya secara pribadi, kemudian saat ini di kelola oleh Tahura. Catatan Perjalanan saya ke air terjun Parang ijo bisa dibaca lengkap DISINI


Eksotisme air terjun Parang Ijo

4. Goa Angin
Sementara ini untuk Goa Angin dan Goa Jepang saya belum bisa menulis apapun, karena memang belum sempat mengunjungi, mungkin lain kali akan saya update, atau mungkin ada kawan-kawan yang sudah mengunjunginya monggo bantu saya untuk melengkapinya, maturnuwun :)

5. Goa Jepang
IDEM


6. Puncak Gunung Lawu
 Ternyata.... saya baru tahu kalau hiking ke puncak Lawu bisa melalui Tahura ( banyak memang yang saya belum tahu hahaha!)  atau di kalangan pendaki biasa dikenal Jalur Pendakian Gunung Lawu via Candi Sukuh. Jarak dari Tahura ke Puncak Lawu sekitar 10 km. 
Oiya...perjalanan saya kemarin ditemani oleh mas Parno sebagai guide saya ketika mengunjungi sendang Raja dan situs Candi Purba.
sepanjang perjalanan menuju sendang Raja di pepohonan ada plang yang bertulis "Tahura-Pos 1" Iseng-iseng saya bertanya pada mas Parno: "Mas...sudah pernah ke puncak Lawu?"
Mas Parno menjawab; "Sampun (sudah) bu...saya yang buka jalur aksesnya, nanti akan ketemu jalurnya di Cokro Srengenge/Pos V via Cemoro Kandang"
hahaha...salah nanya saya, gubrak! *malu. 
 Bukan pernah lagi..tapi mas Parno ini yang buka lintasan trekkingnya. menurut mas Parno,Puncak Lawu bisa ditempuh 4-5 jam via jalur pendakian Tahura. Tapi kalau saya dengan gaya keong diselingi ngesot santay sembari foto-foto mungkin 8-10 jam kali ya hehehe! 
( Gak apa2 yang penting sampai ya... #Edisi MenghiburDiriSendiri :p )



Jalurnya lumayan terjal karena sewaktu dibuka memang untuk lomba lintas alam, rencananya mas Parno dkk akan membuat jalur pendakian yang sedikit landai/memutar. Oiya Dear...dari Tahura sampai Pos 1 jalurnya sudah bagus berupa jalan setapak disusun bebatuan, tetapi mulai Pos 1 sampai puncak ya jalan setapak biasa , petunjuk arah menuju puncak sudah ada, dan paling jauh adalah 50 meter, jadi kemungkinan anda tersesat kecil sekali. 
Selama ini jalur pendakian Lawu yang paling terkenal keindahan alamnya via jalur Candi Cetho, ternyata...ada juga yang tak kalah indahnya via jalur pendakian Tahura atau Candi Sukuh.

Puncak Lawu "Hargo Dumilah" 3265 Mdpl


 7. Taman Bermain

Untuk Wisatawan yang datang bersama keluarga, Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I menyediakan Taman bermain anak-anak, disini anak-anak bisa diajak bermain sambil belajar, dengan fasilitas permainan ayunan, flying fox,gazebo untuk bersantai dll.


Lokasi Taman Bermain dari kejauhan

8/9 Bumi Perkemahan 1 dan 2

 Begitu kami sampai di area parkir, tampak beberapa tenda berdiri disana, beberapa keluarga dan anak-anak mereka sedang melakukan kegiatan perkemahan sekaligus bermain-main.
 
Memasuki Area Parkir dan Camping Ground

Camping Ground , Anak-anak bisa bersepeda atau bermain bola juga disini



10. Kandang Rusa

 Kawasan Tahura juga terdapat 34 fauna langka, salah satunya adalah Rusa Timor yang bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak maupun orang dewasa untuk mengenal aneka satwa.


Koleksi Satwa di Tahura












11. Kantor Tahura

kawasan ini dilengkapi dengan akomodasi yang nyaman, pusat layanan informasi dan pegawai yang bekerja secara profesional dan ramah. Di sekitar kawasan ini juga terdapat Guest House, Musholla, Aula pertemuan, Tempat parkir, MCK yang bersih, serta area perkemahan yang luas, tersedia khusus bagi anda selama berada di sini.
Jika anda membutuhkan informasi atau ingin menyewa tenda, matras,sleeping bag atau pun kompor, bisa langsung ke kantor. Sewa Villa disini tarifnya Rp.600.000/24 jam terdiri dari 4 kamar tidur, Ruang Tamu,kamar mandi dan dapur ( sayang lupa saya foto)
Terimakasih kepada Pak Husein yang dengan ramah dan welcome menerima saya  dan memberikan informasi yang sangat luas perihal Tahura, keindahan dan misteri  alamnya yang masih menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah dan budaya :)
Terimakasih pula pada pihak Tahura telah meminjami payung dan jas hujan sebelum saya trekking ke situs Sendang Raja dan Candi Purba dalam keadaan kabut dan gerimis sehingga saya terhindar dari masuk angin :)
Kantor Tahura - Staff-nya sangat ramah tamah dan tulus menyambut anda, jangan tunda untuk ke Tahura dan nikmati sendiri sensasi berada di alam dengan kesan keindahannya yang sempurna dan pasti sulit anda lupakan.

Tersedia fasilitas mushola, toilet yang bersih dan area bermain basket juga

Saya sempat menanyakan nama kawasan ini K.G.P.A.A Mangkunagoro apakah masih ada hubungannya dengan Kanjeng Pangeran Sambernyawa ? Pak Husein dari pihak Tahura mengatakan memang diambil dari nama pahlawan daerah setempat dan memang dulunya Ngargoyoso adalah wilayah kekuasaan Mangkunegaran. Penggunaan namanya pun atas seijin keluarga Trah Mangkunegaran dan kepemilikan/pengelola sepenuhnya adalah Provinsi Jateng, bukan kabupaten Karanganyar.

Berada di kawasan ini anda tidak akan merasa bosan, karena begitu banyak aktifitas yang bisa anda lakukan, mulai dari berkemah, Outbond, dan bagi anda yang ingin mengabadikan momen terindah, Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I sangat cocok sebagai lokasi foto pre-wedding dan objek Fotografi.
Bagi anda yang suka berolahraga anda dapat menyusuri jalur jogging track yang cukup jauh dan menuntut kekuatan fisik, akan tetapi dengan adanya pemandangan yang hijau , aneka ragam flora dan fauna dijamin anda akan betah dan tidak jenuh dalam menempuh perjalanan


Bagi yang suka bertualang sambil menikmati keindahan alam, bisa juga menikmati jalur trekkingnya :)





Gallery Tahura K.G.P.A.A Mangkunegoro I













1 comment: