Minggu, 12 April 2015

Umbul Sidomukti ; Menikmati Kolam Renang Alam di ketinggian Gunung Ungaran

Kolam Renang Alam UMBUL SIDOMUKTI, Bandungan,Ungaran

Hai... setelah sekian lama vakum karena berbagai kegiatan dan pekerjaan yang cukup menyita waktu dan perhatian saya sehingga acara travelling uka2 ala saya pun menjadi tertunda sekian lama, akhirnya... libur Paskah 3 Maret 2015 kemarin membawa langkah saya kembali berkunjung ke Gunung Ungaran.
Kali ini saya ingin sharing tentang perjalanan saya mengunjungi suatu permata alam yang terdapat di ketinggian 1200 Mdpl di Desa Sidomukti,Bandungan, lereng Gunung Ungaran, diapit oleh jurang dikedua sisinya menambah sisi keelokan tersendiri. Air yang memancar keluar itulah yang dinamakan "Umbul" Sidomukti
Akses menuju lokasi wisata ini dari Kota Ungaran anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju ke Bandungan, kemudian kira-kira 2km sebelum pasar Jimbaran,Bandungan belok kanan di Gang yang bertuliskan Kolam Renang Alam Umbul Sidomukti kemudian ikuti saja jalan sempit melewati perkampungan penduduk yang terus menanjak, sampai disini banyak papan petunjuk arah jadi kita tidak akan kesulitan menemukan lokasi tsb.

Sebelum sampai di lokasi kolam alam Umbul Sidomukti di kiri jalan kita akan menjumpai Basecamp Mawar yang merupakan salah satu Pos Pendakian Awal menuju puncak Gunung Ungaran, beberapa ratus meter setelahnya di kanan jalan terdapat Pondok Wisata Umbul Sidomukti yang merupakan salah satu penginapan dengan pemandangan indah di kawasan ini.

Setibanya disana saya memarkirkan kendaraan dan berjalan ke loket di Pintu Masuk kawasan kolam renang alam Umbul Sidomukti kami membeli karcis masuk Rp.10.000,-/Orang untuk hari libur.
Perjalanan menuju Umbul Sidomukti dengan melalui akses jalan yang sempit,berliku-liku dan menanjak membuat kami bertanya-tanya...Sebandingkah pemandangan alam juga keindahan yang disajikan oleh Umbul Sidomukti ini dengan perjalanan yang telah kami tempuh? Mari kita lihat....^_^

Jalan dari pintu masuk menuju kolam renang, kira-kira berjarak 1km

Pemandangan di sisi kanan jalan adalah rerimbunan perdu bunga ini dan sebelah kiri adalah jurang

Jika ingin naik kuda juga bisa, disini ditawarkan wisata berkuda dengan rute dan tarif tertentu, silahkan mencoba ^_^ ( saya lebih senang jika kuda dikaryakan begini daripada dijadikan bahan makanan/sate kuda, manusia oh manusia...semua dimakan *Sorry Curcol* )

Flying Fox Lembah: Dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter, sangat mungkin flying fox ini tertinggi di Indonesia. Tapi apapun nikmati saja detik-detik mendebarkannya. Melesat, lalu mendaratlah dengan rasa puas dan bangga.
Flying fox terusan : Duo flying fox (flying fox Lembah di lanjut dengan flying fox balik yang lebih panjang dan lebih tinggi)
Marine Bridge : Atur keseimbangan dan nyali lalu melangkah pasti. Pijak dengan tepat atau terperosok. Terombang-ambing di atas ketinggian adalah tantangan dengan sensasi tersendiri. Marine Bridge serunya tidak bisa diceritakan. Jalani saja sendiri. Jadi….berani coba nggak????
Higest Triangle : (Magic Box, Badui Bridge, stick Bridge) Bersama magic box kita akan meluncur bersama, melintasi jalur pertama. Setelah itu siapkan nyali anda untuk melintasi jembatan kayu sepanjang 60 meter. Istirahatlah sejenak, di tower utama sambil menikmati pemandangan lembah sidomukti lalu lanjutkan perjalanan kembali melalui stick bridge.
ATV : Motor dengan roda 4, melaju melintasi track terjal 3 tingkatan. Sangat cocok untuk anda yang hobi balap. Coba dan pastikan anda menjadi juara.

Nah.... ini ada mainan asiiik buat yang berjiwa adventure, you must try!!! bakalan puas banget gelantungan flying fox dari ujung lembah ke lembah seberang dengan jurang dibawah, atau meniti jembatan goyang sepanjang sekian puluh meter di ketinggian hehehe....

Umbul Sidomukti memancarkan air dengan ketinggian 2-3 meter

Setelah berjalan beberapa saat kami pun tiba di lokasi kolam renang alam Umbul Sidomukti , didepan kami terdapat sebuah kolam dengan air yang menyembur "Umbul" dengan ketinggian sekitar 2-3 meter
berada di ketinggian lembah dengan diapit jurang dikedua disisinya, mata air Umbul Sidomukti berasal dari Tuk Ngetihan dan Tuk Watu Payung, kesegaran udara dan air sore itu berpadu dengan riuhnya pengunjung yang sedang mandi menikmati kesegaran air di pemandian Umbul Sidomukti yang dipercaya dapat memberikan berkah awet muda ^_^
Kolam ini terdapat dua undakan, yang atas diperuntukkan untuk dewasa, sedangkan yang bagian bawah dengan kedalaman disesuaikan untuk anak-anak dan balita.
Jadi sangat cocok dijadikan tujuan wisata alam untuk keluarga juga.

Di seberang nun jauh dibawah sana...tampak pemandangan kota Ungaran tersaji berbalut tipisnya kabut sore itu namun tetap tidak mengurangi keindahan alam lereng Gunung Ungaran.
Ananda pun langsung nekat dan tidak tahan untuk menceburkan diri dan berenang-renang disini (walaupun tidak bawa baju ganti :D )

Bahagianya melihat anakku bermain air dengan riang gembira.... perjalanan sejauh apapun tidak memberi rasa lelah bagiku,

Senja pun berangsur-angsur tiba, mengingatkan kami untuk menyudahi kunjungan kami disini. Jika ditanya sebandingkah akses menuju Umbul Sidomukti dengan kesegaran dan keindahan alam yang ditawarkan disini, saya menjawab : "Sangat Sebanding bahkan mungkin berlebih jika kita menyediakan waktu lebih lama untuk mengeksplorasi wilayah alam disini "
Sayangnya saya tiba disini sudah jam 16.30 jadi rasanya masih banyak yang belum dieksplore, waktu satu jam untuk bermain air masih kurang rasanya  ^_^

Suasana senja di Umbul Sidomukti

Suasana alam sekitar Umbul Sidomukti

Perjalanan kita sore itu tidak berakhir di Umbul Sidomukti saja, dari sini dengan membeli karcis masuk Rp.4000,-/Orang kita dapat melanjutkan perjalanan menuju kawasan Agrowisata menuju Pondok Kopi dan terdapat juga Pondok lesehan ikan bakar dan Vila yang disediakan oleh pihak pengelola.
Akses jalan menuju Pondok Kopi lumayan terjal dan berkelok-kelok, pastikan kendaraan anda benar-benar fit dengan skill mengemudi yang menunjang, karena banyak mobil dan motor yang saya temui sepanjang jalan terpaksa berhenti karena tidak kuat menanjak.
Sebagai penggemar kopi saya wajib dan nekat berkunjung kesini untuk menikmati kopi sore saya di ketinggian atas awan  sambil menyaksikan panorama alam ^_^
Dan setengah jam kemudian tibalah kami di kawasan pondok kopi dan vila, kabut tipis mulai turun hari semakin gelap dan terpaksa saya tidak bisa berlama-lama disini mengingat trek perjalanan turun yang lumayan sempit,curam dan berliku-liku dengan keterbatasan penglihatan saya ketika malam hari, maka dengan berat hati acara ngopi-ngopi cantik dipending sampai waktu yang tidak ditentukan, oiyaaa... dari sini juga merupakan Basecamp pendakian menuju puncak Gunung Ungaran 2050 Mdpl menurut informasi jarak dari basecamp pondok kopi ke puncak dapat ditempuh waktu normal 3 jam, dan ini menjadi alasan terkuat untuk saya kembali kesini...Semoga ^_^

Pondok Kopi di Ketinggian lereng gunung Ungaran 1200 Mdpl, menakjubkan...

Pemandangan Kota Ungaran dan Kota Semarang dari ketinggian gunung Ungaran

Akhirnya...perjalanan kami ke Umbul Sidomukti dan sekitarnya berakhir sore itu, kami kembali ke penginapan yang terletak berdekatan dengan Candi Gedongsongo, yang terletak di sisi lain lereng Gunung Ungaran. Terimakasih Tuhan untuk hari ini, kami merasa sangat terberkati ^_^