Sabtu, 08 Februari 2014

Air Terjun Jumog ; The Lost Paradise of Java

 

Bagi anda suka wisata alam dengan panorama alam yang natural namun dengan biaya murah,  Anda wajib mengunjungi Air Terjun Jumog yang terdapat di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Objek wisata alam ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Solo.
Dari arah Solo, Anda dapat mengambil jalur Solo-Tawangmangu. Sesampainya di pertigaan di Karangpandan, ambil jalur ke kiri menuju Ngargoyoso.
Selanjutnya ada gapura tempat penarikan restribusi kawasan wisata Candi Sukuh - Candi Cetho, dari sini anda dapat mengarahkan kendaraan ke jalan arah kanan dan tingggal mengikuti saja petunjuk rambu-rambu lalu lintas yang mengarahkan ke Air Terjun Jumog.

Sesampai di Pintu masuk area Air terjun Jumog anda akan dikenakan tiket sebesar Rp.3000,-
obyek wisata yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat ini sangat terawat dan bersih.
Kemudian anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak berbentuk 116 anak tangga dari area pintu masuk, begitu kita menapakkan kaki menyusuri anak tangga demi anak tangga kesejukan dan suasana asri langsung terasa dengan kesegaran udara di ketinggian 900 Mdpl diantara rerimbunan hijaunya pepohonan di kawasan ini. Di sepanjang perjalanan, anda juga akan ditemani oleh kicauan burung yang hinggap dari satu pohon ke pohon lainnya. Suaranya terus bersahutan membuat nuansa pedesaan yang asri makin kental terasa.

Siap menuruni 116 anak tangga menuju kawasan wisata air terjun Jumog

Action!

Hijau dan sejuk menemani sepanjang perjalanan menuruni anak tangga menuju air terjun


 Di objek wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan masih alami dengan kesegaran air terjun yang mengalir dari lereng Gunung Lawu. Air terjunnya tidak terlalu tinggi sekitar 30 meter, namun tetap memancarkan keindahan khas wisata alam.
Menurut cerita, setiap pukul sepuluh pagi muncul pelangi di air terjun ini
( saya belum melihat sendiri pelanginya, karena sewaktu tiba disini selalu siang menuju sore :D )
Memang air Terjun Jumog tidak sepopuler Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, namun keunikan,ketenangan dan kealamiannya memberi nilai tersendiri yang sanggup menghipnotis pengunjungnya untuk betah berlama-lama disini.  

Karena debit air disini tidak terlalu deras, anda bisa bebas melepaskan penat dengan bermain-main air di Air Terjun Jumog. Beberapa fasilitas lainnya yang ditawarkan seperti area permainan anak, kolam renang, dan rest area. Anda dan keluarga dapat bermain air atau sekadar bersantai menikmati udara segar Gunung Lawu.
Setelah asyik bermain dengan sejuknya air alami khas pegunungan, tentunya Anda akan merasa lapar. Tak perlu khawatir, Anda dapat mencicipi berbagai menu makanan yang disiapkan sederet warung makan di sekitar lokasi dan lebih asyiknya anda dapat menyantap menu spesial khas Tawangmangu berupa sate kelinci dan sate ayam yang dilengkapi bumbu kacang dan lontong dengan harga Rp6000 – Rp8000 per porsi. di pinggir aliran sungai air terjun yang segar.
Jika ingin bersantai lebih lama,tersedia beberapa Homestay yang terdapat di sekitar jalan menuju pintu masuk Air Terjun Jumog yang dapat anda jadikan alternatif menetap lebih lama untuk menikmati keindahan surga yang hilang ini :)


Keindahan Air Terjun Jumog

Keindahan Air Terjun Jumog


Keindahan Air Terjun Jumog

Keindahan Air Terjun Jumog

Segarnya...bermain air


Aliran sungai kecil ,bersih nan jernih dari aliran air terjun Jumog

Aliran sungai kecil ,bersih nan jernih dari aliran air terjun Jumog


Anda dapat bersantap di sepanjang aliran sungai ini di tempat yang telah disediakan oleh warung-warung makanan


Tersedia juga Arena bermain air untuk Balita

Nah... ini penting banget ! dimana pun berada wajib menjaga kebersihan alam :)

Nah, kalau anda ingin berwisata alam yang murah,meriah dan berkesan, silahkan mampir ke Air Terjun Jumog saat berwisata ke Karanganyar. Dijamin anda tidak akan menyesal menyaksikan keindahan alam di Desa Berjo ini, Selamat berlibur Kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar